Toilet Pintar Bisa untuk Tes Kesehatan

Toilet PintarJepang kerap menelurkan temuan baru di bidang teknologi. Kali ini, negeri sakura itu menghadirkan toilet canggih yang dirancang bisa berfungsi sebagai alat pendeteksi kesehatan di rumah.

Toilet yang diciptakan produsen toilet inovatif asal Jepang bernama Toto ini, membuat penggunanya bisa melakukan tes kesehatan instan sambil memenuhi ‘panggilan alam’.

Sejatinya, Toto merancang toilet unik tersebut atas permintaan perusahaan perumahan Daiwa House. Ide bermula saat mengingat pentingnya tes kesehatan yang mudah bagi populasi manula yang kian meningkat di Jepang.

“Direktur kami mendapat ide ketika berada di rumah sakit, melihat banyak orang terutama manula menunggu lama untuk melakukan tes kesehatan. Dia berpikir akan lebih baik jika mereka bisa melakukan tes kesehatan di rumah,” kata salah satu arsitek di Daiwa House, Akiho Suzuki.

Dikutip dari AFP, Rabu (25/8/2010), perangkat yang dijuluki sebagai toilet pintar itu memiliki berbagai kemampuan seperti menganalisa urine, menentukan dengan tepat tekanan darah dan suhu tubuh si pengguna, serta mengukur berat badan mereka dengan timbangan yang menyatu dengan toilet.

Toto membuat wadah penampung toilet bisa mengumpulkan contoh urine yang digunakan mengecek kadar gula darah dan temperatur tubuh si pengguna. Toilet itu juga dilengkapi semacam armband untuk memonitor tekanan darah. Nantinya, hasil tes kesehatan akan ditampilkan pada layar komputer yang menempel di dinding dan terhubung dengan toilet.

“Dengan model yang sekarang, data kesehatan si pengguna akan terkirim secara otomatis ke komputer, kemudian mereka bisa mengirimkan hasil tes kesehatan itu kepada dokter,” kata Suzuki.

Suzuki menyebutkan, versi terbaru toilet ini nantinya akan memungkinkan data kesehatan terkirim otomatis tak hanya ke komputer tetapi juga ke anggota keluarga atau doktor melalui koneksi internet.

Perlu merogoh kocek cukup dalam untuk bisa merasakan kecanggihan toilet pintar tersebut. Berbagai fungsi dan kemampuannya yang juga bisa menyimpan data untuk lima orang berbeda ini diganjar dengan kisaran harga USD 4.100 – USD 5.850 atau sekitar Rp 36 juta – Rp 52 juta.

Sumber: Detikinet.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Added by on August 26, 2010
Saved under Tutorial
Tags:
Praktek Kerja Industri Plus

WORKSHOP MIKROTIK DI SMK N 1 SIMPANG ULIM-ACEH

Webmedia say Hello to Aceh !! ^_^ Selama ini SMK Negeri 1 Simpang Ulim Aceh sering mengirim beberapa siswa-siswa mereka untuk prakerin ke Webmedia Training Center. Mereka belajar, diberikan pelatihan, Workshop-workshop dan banyak pengalaman yang mereka dapat baik itu dari praktik-praktik di Webmedia ataupun project di luar Webmedia. Tapi kali ini Webmedia berkesempatan main ke […]