Cara Menjadi Webmaster Profesional

Selama perjalanan Webmedia Training Center bergerak dalam bidang Pelatihan IT khususnya Webmaster Profesional, begitu banyak calon siswa yang bertanya, bagaimana menjadi seorang profesional di bidang web? Bagaimana langkah-langkahnya? Apakah saya bisa? Butuh berapa lama untuk menjadi mahir dan profesional dalam membangun website.

Berikut ini akan dijelaskan hal-hal yang harus anda kuasai dan pahami sebelum menjadi seorang Webmaster.

PERTAMA, Anda harus memiliki dasar komputer seperti menyalakan komputer, bisa menggunakan mouse dan keyboard, mengetik di komputer, menyimpan dan membuka dokumen, terbiasa di lingkungan windows atau operating system yang lain dan mematikan komputer. Ini supaya Anda terbiasa dan tidak gagap dengan teknologi komputer.

KEDUA dan ini sangat membantu bila Anda terbiasa dengan kegiatan dan aktivitas di dunia internet seperti mengecek dan mengirim email, browsing, chatting, mailing list, web forum, dan pernah bergabung dengan komunitas maya seperti kaskus dan facebook. Dunia nyata dan dunia maya sangatlah berbeda. Jadi bila Anda sudah terbiasa dengan dunia maya (internet), akan mudah bagi Anda untuk beradaptasi dengan prilaku orang-orang di dunia maya tersebut.

Tetapi kalau Anda ingin belajar langsung membuat websitepun bisa. Keahlian dasar komputer, kegiatan dan aktivitas di dunia internet bisa dilakukan secara bersamaan. Hanya saja perlu waktu dibanding dengan mereka yang sudah mempunyai kedua dasar tersebut.

KETIGA, membeli buku, browsing di Internet dan mencari teman belajar. Cara ini adalah yang paling murah, tetapi perlu waktu dan semangat yang tinggi. Karena rintangan dalam belajar sendiri sangatlah besar dan banyak sehingga bisa mematikan semangat belajar itu sendiri. Tetapi bagi mereka yang berhasil belajar sendiri akan mempunyai lebih banyak ilmu, wawasan dan pengalaman.

KEEMPAT, adalah mencari kursus web dan multimedia yang tepat. Ini akan jauh lebih menghemat waktu karena bila ada kesulitan langsung dapat dibantu oleh instruktur. Dan juga materi-materi yang diberikan langsung sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Tetapi tentunya harga yang dibayar tidak semurah dengan langkah ketiga. Dan mereka yang bisa menggabungkan langkah ketiga dan keempat biasanya akan cepat dan mudah meraih kesuksesan.

PENGETAHUAN UNTUK MENJADI SEORANG WEBMASTER

PERTAMA, belajar untuk mendisain sebuah website. Software yang banyak digunakan biasanya adalah Adobe Photoshop dan Firework. Mendisain sebuah website seperti mendisain sebuah rumah sehingga tempat tinggal tersebut dapat kelihatan cantik dan pengunjung dapat betah tinggal di sana.

KEDUA, belajar untuk mengenal bahasa web. Software yang banyak digunakan biasanya adalah Dreamweaver dan Frontpage. Di sini Anda akan belajar bahasa HTML dan melayout halaman HTML. Jadi di sini Anda mulai meletakkan perabotan bagi tempat tinggal Anda. Perabotan di website itu seperti tulisan, gambar, video, animasi atau apapun.

KETIGA, belajar bahasa pemrograman dan database. Banyak bahasa pemrograman seperti PHP, ASP, Javascript, Java, Actionscript, dan Coldfusion. Database atau penyimpanan data yang digunakan juga bermacam-macam dari Text File, XML, MySQL, SQL-Server, Oracle, MS-Access. Langkah ini akan menjadikan Anda seorang Webmaster setelah melewati langkah-langkah di atas karena akan membuat website Anda bisa berinteraksi dengan pengunjung. Misalkan ingin membuat buku tamu, forum, pengunjung bisa belanja di website atau apapun. Sehingga website Anda bisa berjalan sendiri tanpa campur tangan Anda dalam melayani kustomer.

KEEMPAT, belajar untuk membuat animasi. Biasanya digunakan software Flash. Ini akan membuat situs Anda lebih hidup karena animasi adalah salah satu cara komunikasi yang menghibur.

Kalau Anda berpikir,”Wah banyak banget langkahnya!”. Terus terang sebenarnya tidak. Karena kalau kita langsung belajar, terjun, dan praktek, langkah-langkah tersebut tidaklah banyak. Karena Anda tidak harus melewati semuanya. Ada yang hanya ingin menjadi seorang Web Designer, ia tidak perlu belajar bahasa pemrograman dan animasi. Ia bisa bekerjasama dengan orang yang bisa pemrograman atau orang yang bisa animasi. Jadi Anda tidak harus bisa semuanya. Bekerjasamalah dengan TIM.

SOLUSI UNTUK MENJADI SEORANG WEBMASTER PROFESIONAL

Webmedia Training Center pada tahun ajaran 2010/2011 menawarkan solusi untuk menjadi Webmaster Profesional yang handal dengan membuka Program Profesi 1 Tahun Webmaster Profesional. Berbeda dengan program kursus reguler pada umumnya, pada program pelatihan ini, kami membimbing peserta didik selama 1 tahun secara intensif untuk dapat menguasai pengetahuan webmaster dari dasar hingga menjadi mahir. Materi yang diberikan selama 1 tahun juga difokuskan pada pengetahuan dan praktek Webmaster Profesional.

Pada Program Profesi 1 tahun ini, kami juga akan membimbing peserta didik untuk dapat memilih spesialisasi sesuai keahlian utama mereka (seperti Web Designer, Web Programming, dsb) dan nantinya akan dibentuk TIM yang akan mengerjakan project website nyata yang diberikan oleh instansi mitra Webmedia. Dengan begitu para peserta sudah mendapatkan penghasilan bahkan sebelum mereka selesai mengikuti Program Profesi 1 Tahun ini.

Pengetahuan, Skill dan Penghasilan sudah pasti didapatkan peserta Program Profesi 1 Tahun Webmaster Profesional.

Anda tertarik untuk mengikuti Program Profesi 1 Tahun Webmaster Profesional?

Info lengkapnya dapat anda dapatkan di : htttp://profesi.webmediacenter.com

10 Responses to Cara Menjadi Webmaster Profesional

  1. Wah tertarik niee.. hitung-hitung ngulang pelajaran yang kemaren…
    tapi biayanya mahal ya…

    Budi Damanik January 25, 2010 at 10:05 am
  2. semoga bermanfaat!

    pmreload January 30, 2010 at 5:09 pm
  3. minat seh,,,tp sgtu pa ga’ k’mhlan,,,,,?

    abenx May 28, 2010 at 2:59 pm
  4. Untuk biaya sesuai dengan materi dan instrukturnya, untuk Webmaster Profesional, di bulan ke-6 sudah diikutkan project bareng dengan Tim Webmedia jadi sudah punya penghasilan.

    Kami juga akan mengarahkan ke kerja mandiri, jadi bisa cari proyek web, yg 1-2 project sudah nutupi uang belajarnya.

    Anonymous May 29, 2010 at 7:07 am
  5. mas gmn cara menjadi web master secra cepat

    admad hafid May 3, 2012 at 3:21 pm
  6. Jadi webmaster?…. wah kalau kursus apa mungkin cepat bisa?..

    Bali Bagus October 1, 2012 at 1:06 pm
  7. emg’y project nya berpenghasilan berapa tuh?

    mercy February 2, 2013 at 12:01 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Added by on January 23, 2010
Saved under Tutorial
Tags: , , , , ,
Praktek Kerja Industri Plus

WORKSHOP MIKROTIK DI SMK N 1 SIMPANG ULIM-ACEH

Webmedia say Hello to Aceh !! ^_^ Selama ini SMK Negeri 1 Simpang Ulim Aceh sering mengirim beberapa siswa-siswa mereka untuk prakerin ke Webmedia Training Center. Mereka belajar, diberikan pelatihan, Workshop-workshop dan banyak pengalaman yang mereka dapat baik itu dari praktik-praktik di Webmedia ataupun project di luar Webmedia. Tapi kali ini Webmedia berkesempatan main ke […]