PROGRAM 1 TAHUN BERSERTIFIKASI IT INTERNASIONAL

Arti Penting Sertifikasi IT

Banyak alasan untuk mendapatkan sertifikasi IT (Information Technology). Hal utama adalah sertifikasi di bidang Teknologi Informasi dan Telekomunikasi memberikan kredibilitas bagi pemegangnya. Sertifikasi IT menunjukkan para Professional Teknologi Informasi memiliki pengetahuan dan kompetensi yang dapat dibuktikan. Sertifikasi IT juga memberikan keunggulan bersaing bagi perusahaan, khususnya dalam pasar global karena kemampuan dan pengetahuan Profesional Teknologi Informasi dan Telekomunikasi telah diuji dan didokumentasikan.

Nilai Sertifikasi IT untuk Peningkatan Bisnis Perusahaan

Selaras dengan Tujuan Bisnis Perusahaan
1. Memberikan keunggulan bersaing yang nyata.
2. Memberikan pelayanan pada tingkat yang lebih tinggi.
3. Meningkatkan produktivitas kerja.
4. Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang lebih lengkap.
5. Meningkatkan kredibilitas terhadap mitra bisnis dan pelanggan.
6. Memberikan dampak terukur untuk efisensi dan keuntungan bisnis.
7. Menjadi tujuan penting bagi bisnis perusahaan.

Alat yang penting untuk mempertahankan dan mendapatkan SDM bidang ICT
1. SDM yang memiliki sertifikasi IT lebih loyal dan kurang suka berganti pekerjaan.
2. Sertifikasi IT adalah suatu cara untuk mempertahankan SDM berkompetensi.
3. Berfungsi sebagai pembeda tingkat kemampuan antara staff senior dan staff baru.
4. Berfungsi sebagai skala pembanding untuk kemampuan teknis.
5. Sertifikasi IT memungkinkan pemilihan yang lebih baik dalam proses rekruitmen.
6. Memberikan perusahaan sebuah standar kemampuan yang konsisten.
7. SDM yang memiliki sertifikasi mampu melakukan fungsi pekerjaan dengan baik.

** Sumber : IDC Research, Certification Magazine Salary Survey 2002,
IT Skills Research 2002

Siapakah yang Memerlukan Sertifikasi IT?

Bidang pekerjaan tertentu mensyaratkan kualifikasi dan kompetensi dalam menjalankan prosesnya. Employer dapat mengetahui bahwa SDM yang dicarinya berkualitas tanpa perlu membuang waktu dan tenaga untuk menguji satu-persatu calon karyawannya. Agar lebih jelas dibawah ini adalah mereka yang memerlukan sertifikasi IT :

1. Profesional ICT (operator, administrator, developer, engineer, specialist).
2. Akademisi ICT (trainer, lecturer, instructor and teacher).
3. Manager dan Supervisor ICT.
4. Semua pihak yang terlibat dalam pengembangan TI dan telekomunikasi.

Sertifikasi yang paling populer di bidang jaringan adalah sertifikasi Cisco. Memang bukan rahasia bahwa Cisco merupakan pemegang pangsa pasar terbesar di bidang jaringan sampai saat ini. Selain sertifikasi Cisco, sertifikasi di bidang jaringan yang juga cukup populer adalah sertifikasi yang diberikan oleh CompTIA, Novell, dan Solaris.

Sertifikasi Cisco Networking Academy

Cisco memiliki tiga jenjang sertifikasi, yaitu Associate, Professional, dan Expert. Jenjang sertifikasi Cisco secara umum meliputi Cisco Certified Network Associate (CCNA), Cisco Certified Network Professional (CCNP), dan Cisco Certified Internetworking Expert.(CCIE). Selain tiga jenjang umum tersebut, Cisco juga memiliki jalur spesialisasi, seperti network design, security, dan business networking. Beberapa jenis sertifikasi untuk jalur spesialisasi ini di antaranya adalah Cisco Certified Designing Associate (CCDA), Cisco Certified Designing Professional (CCDP), dan Cisco Security Specialist 1 (CSS1), dan lain sebagainya.

Cisco Certified Network Associate (CCNA) merupakan fondasi awal untuk menapaki jenjang sertifikasi yang lain. Pemegang sertifikasi ini diharapkan sudah profesional dalam hal menginstall, mengkonfigurasi, dan mengoperasikan jaringan LAN atau WAN untuk jaringan kecil (100 client/PC atau kurang). Sementara bagi yang mengambil spesialisasi di bidang network design. Kesempatan kerja bagi pemegang sertifikasi ini umumnya adalah network administrator.

Jenjang berikutnya adalah Cisco Certified Network Professional (CCNP). Pada jenjang ini pemegang sertifikasi dianggap telah ahli dalam hal menginstall, mengkonfigurasi, serta memecahkan permasalahan LAN atau WAN dengan skala yang lebih luas (100 – 500 client/PC). Untuk mencapai jenjang ini peserta harus mengikuti empat jenis ujian, seperti membangun internetwork, multilayer switch network, remote access network, dan troubleshooting.

Untuk memperoleh dua jenis jenis sertifikasi tersebut ada dua cara yang bisa ditempuh dengan mengikuti kursus pada training center, atau mengikuti pendidikan melalui Cisco Academy Program. Cisco Academy Program merupakan program pendidikan yang digelar Cisco bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) TI.

Berbeda dengan mengikuti kursus yang hanya membutuhkan waktu 10 hari, pendidikan melalui Academy Program ini memerlukan waktu lebih panjang, sekitar 8 bulan – 1 tahun. Kelebihannya, program ini memungkinkan bagi peserta yang belum memiliki pengalaman di lapangan untuk memperoleh sertifikasi dari Cisco. Saat ini ada 80 lembaga pendidikan yang menjadi partner Cisco dalam Cisco Academy Program.

CCIE merupakan jenjang tertinggi dalam jalur sertifikasi Cisco yang artinya pemangang sertifikasi ini telah mampu mengelola dan menangani berbagai permasalahan dalam jaringan sampai skala enterprise. Jenjang ini tidak mudah untuk diraih karena setidaknya kandidat harus sudah mengantongi sertifikasi CCNA dan CCNP terlebih dahulu. Tidak heran jika pemegang sertifikasi ini masih cukup langka, dan menjadi rebutan di bursa pencari tenaga TI. Menurut Kurnijanto, jumlah peraih sertifikasi CCIE ini di Indonesia belum ada 30 orang. Sementara peraih CCNP sudah lebih dari 2000 orang, dan peraih sertifikasi CCNA sudah di atas 10.000 orang.

Seseorang yang berhasil memperoleh sertifikasi CCIE benar-benar merupakan kandidat yang terpilih karena dari data Cisco kurang dari 3% peraih CCNP yang berhasil ke jenjang CCIE. Melewati ujian CCIE juga tidak mudah karena selain harus menyelesaikan soal-soal pilihan berganda dalam waktu 2 jam, peserta juga harus mampu mengkonfigurasi dan mengatasi masalah pada lokasi yang ditunjuk oleh Cisco dalam waktu 8 jam.

Untuk anda yang berminat untuk mendapatkan pengetahuan lengkap tentang IT Support dan Networking sekaligus mendapatkan sertifikasi Cisco, mulai pada tahun ajaran 2010/2011, Webmedia Training Center membuka Program Profesi 1 Tahun jurusan IT Support dan Networking. Untuk Info selengkapnya dan penawaran menarik untuk tahun ajaran pertama, silahkan kunjungi :

Webmedia Training Center

Jl.Setiabudi, Komplek Setiabudi Bisnis Point No.12-13 CC Medan

Phone : 061 – 8228225, 8228125

34 Responses to PROGRAM 1 TAHUN BERSERTIFIKASI IT INTERNASIONAL

  1. program profesi 1 tahun kapan buka untuk tahun ini 2013?? kira – kira berapa ya biayanya?

    PUTRA July 25, 2013 at 4:39 am
  2. Biayanya Mas Rp. 6.550.000,- + pendaftaran Rp. 150.000,-. Biaya bisa dicicil 5x, untuk kerja kami tidak ada jaminan Mas akan diterima langsung di perusahaan tapi kami akan bantu Mas untuk cari pekerjaan dengan memberikan informasi lowongan kerja baik dari mitra-mitra webmedia maupun dari info yang lain. Diterima atau tidaknya Mas semuanya tergantung dari skill yang Mas punya, seandainya skill mas masih kurang Mas dilatih/belajar lagi dengan team-team kami.

    vindy January 30, 2014 at 3:34 pm
  3. Maaf mau tanya..
    Webmedia menyelenggarakan exam untuk certivikasi CCNP tidak?? apakah sudah bekerjasama dengan VUE

    Terimakasih

    eko hendarto March 26, 2014 at 8:03 am
  4. Webmedia bekerjasama dgn Pearson VUE mas ,, tapi saat ini masih dlm maintenance mas …
    Jadi akses untuk melakukan Exam nya blm bisa di Webmedia …

    vindy March 28, 2014 at 4:01 pm
  5. Maaf mau nanya, kursus buat percetakan dan sablon ato desain grafis masih ada ngak, kira2 ajaran barunya kapan, sama budgetnya berapat..?? Trims

    jack silaban November 2, 2014 at 2:25 am
  6. Masih ada mas, tpi kls nya masih waiting list, biayanya untuk yg regular Rp 1 jt, untuk yang kelas Intensif 3 Bulan Rp 3.850.000.- .

    vindy November 3, 2014 at 12:27 pm
  7. Dear Pak Eko,
    Kapan bisa provide CCNP class??
    Dan apa sudah bisa CCNP exam d web media jikalau webmedia toh belum bisa menyelenggarakan CCNP class??

    akaakmal November 4, 2014 at 2:01 pm
  8. masalah prakteknya itu gimana mas,,??

    palgunadi November 11, 2014 at 6:52 pm
  9. CCNP belum ada mas… ujiannya juga sudah tidak bisa lagi di webmedia

    Admin Webmedia November 27, 2014 at 7:11 pm
  10. Itu nama Program nya tetap Program Profesi 1 Tahun mas , yang 7 bulan itu kita promo khusus untuk tahun 2014.

    vindy January 14, 2015 at 4:42 pm
  11. maaf saya mau tanya, apakah webmedia ada melaksanakan exam untuk certifikasi database??? mohon di jawab ya mas??

    Fajar Setia Budi April 12, 2015 at 7:10 am
  12. sejak 2 tahun lalu sudah tidak ada lagi mas Fajar.

    admin April 16, 2015 at 1:06 pm
  13. Mas kpan y kira2 program profesi 1 tahun untuk tahun 2015 Dan budgetny brapa?

    binsar April 30, 2015 at 4:09 pm
  14. Untuk tahun 2015 ini kebetulan kita sdh buka di bln Februari kemarin, dan akan direncanakan buka angkatan lagi di bln Agustus nanti mas, dengan biaya Rp 12.000.000.- (Cicil 10x) dan pendaftaran Rp 150.000.- .

    vindy April 30, 2015 at 4:27 pm
  15. mkasi atas infony mbak.

    binsar May 1, 2015 at 9:26 am
  16. Sama sama mas Binsar … 🙂

    vindy May 2, 2015 at 10:28 am
  17. Program Profesi 1 Tahun IT Support biayanya Rp. 12.000.000,- + pendaftaran Rp. 150.000,-. Lama pertemuan 1 tahun Mas, untuk biaya bisa dicicil 10x.

    inur June 3, 2015 at 8:57 am
  18. Yunita June 23, 2016 at 11:02 am
  19. Untuk thn 2016 kpn mulai belajar nya?
    Dan untuk daerah bandar lampung d’mna ya?

    Yunita June 23, 2016 at 11:04 am
  20. Mas kpan y kira2 program profesi 1 tahun untuk tahun 2016 dan untuk wilayah lampung d’mna ya tempat nya?

    Yunita June 23, 2016 at 11:33 am
  21. Untuk Program Profesi kami rencanakan buka di tgl 19 September mbak. Tapi,untuk wilayah lampung kami blm ada cabang mbak. Masih di medan aja.

    vindy July 13, 2016 at 2:48 pm
  22. untuk profesi IT mas itu brapa ya biayanyauntuk tahun 2016 mas
    dan jadwalnya kapan2 aja mas ?? apa bisa disampingin dngan krja

    wahyu July 22, 2016 at 10:05 pm
  23. biaya untuk profesi IT itu 12 juta mas, pendaftaran 150 ribu mas, itu jadwalnya ada 2 mas, yang pertama senin-rabu jum’at, yang ke-2 selasa-kamis sabtu. itu jadwalnya nanti webmedia yang ngatur mas. mulai belajarnya malam mulai jam 18.00-21.00 mas. bisa disampingi kerja kok mas. 🙂

    Chazali Husni August 4, 2016 at 8:55 am
  24. Bang,
    untuk Program profesi 1 tahun ini, ada yang kelas sabtu-Minggu gak?
    soalnya, senin-jumat saya kerja di aceh, trims

    NAZRI September 1, 2016 at 8:20 pm
  25. Siang Mas Nazri…

    Untuk kelas PP1T IT Support jadwal Sabtu – Minggu belum ada Mas, yang akan kami buka itu jadwalnya Senin-Rabu-Jumat / 18.00-21.00 wib pada tanggal 19 September 2016 …

    inur September 8, 2016 at 2:21 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Added by on February 9, 2013
Saved under Berita, Kegiatan, Tentang Profesi 1 Tahun
Tags: , , , , ,
Praktek Kerja Industri Plus

WORKSHOP MIKROTIK DI SMK N 1 SIMPANG ULIM-ACEH

Webmedia say Hello to Aceh !! ^_^ Selama ini SMK Negeri 1 Simpang Ulim Aceh sering mengirim beberapa siswa-siswa mereka untuk prakerin ke Webmedia Training Center. Mereka belajar, diberikan pelatihan, Workshop-workshop dan banyak pengalaman yang mereka dapat baik itu dari praktik-praktik di Webmedia ataupun project di luar Webmedia. Tapi kali ini Webmedia berkesempatan main ke […]