Pendaftaran Nama Domain dan Layanan Hosting DNS

Untuk mendaftarkan suatu domain agar bisa di pakai secara umum dan mengkases ke jaringan yang luas kita perlu mendaftarkan domain kita tetapi sebelumnya anda perlu mengetahui beberapa informasi dasar tentang DNS, domain registrar, dan layanan host DNS.

Berikut keterangan ringkas tentang DNS, perbedaan antara registrar domain dan layanan host domain, dan cara menemukan registrar domain atau layanan host DNS untuk domain Anda jika Anda belum mengetahuinya.

DNS (Domain Name System)

DNS berfungsi menerjemahkan nama domain yang mudah diingat, seperti www.microsoft.com, ke alamat IP, seperti 192.168.255.255. Alamat IP diperlukan untuk mengakses sumber di Internet.

Informasi domain disimpan dalam server DNS di Internet. Server DNS ini digunakan untuk mencari data sumber yang ditentukan untuk domain. Data sumber akan mengacu ke alamat IP agar sumber seperti server Web atau server pesan dapat diakses.

Agar dapat menggunakan nama domain di Internet, Anda harus terdaftar di dua entitas terpisah yang mengelola informasi domain: registrar domain dan layanan hosting DNS. Biasanya, registrar domain juga merupakan layanan hosting DNS. Namun, tidak selalu demikian.

Registrar domain

Registrar domain adalah perusahaan yang mendaftarkan nama domain. Setiap orang, mulai dari perorangan hingga perusahaan internasional, harus menggunakan registrar domain untuk mendaftarkan nama domainnya agar dapat digunakan di Internet. Semua registrar domain harus disahkan oleh ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Bila mencari nama domain yang tersedia di registrar domain tertentu, Anda mencari ketersediaan nama domain tersebut dari semua registrar domain di seluruh dunia.

Biasanya, domain didaftarkan setiap tahun. Pendaftaran domain dapat dialihkan dari satu resgistrar domain ke yang lainnya. Jika pendaftaran domain tidak diperbarui, nama domain akan tersedia untuk umum.

Registrar domain berfungsi menyimpan informasi berikut tentang domain:

  • Status pendaftaran nama domain: Apakah terdaftar?
  • Informasi kontak orang atau organisasi yang bertanggung jawab atas nama domain tersebut.
  • Rincian tentang pendaftaran domain, seperti waktu kedaluwarsa pendaftaran domain.
  • Minimal 2 nama server DNS yang bertanggung jawab atas data DNS yang terkait dengan domain. Server DNS ini disebut server nama otoritatif. Meskipun registrar domain bertanggung jawab untuk mengidentifikasi server nama otoritatif domain, namun registrar domain tidak bertanggung jawab atas hosting data DNS domain tersebut.
Mencari registrar domain untuk domain terdaftar
  1. Buka situs Web InterNIC di http://www.internic.com.
  2. Pada bidang Whois, ketik nama domain Anda, misalnya contoso.com.
  3. Pilih Domain, lalu klik Submit.
  4. Halaman Whois Search Results akan terbuka. Pada hasil nama domain, cari nama perusahaan pada bidang Registrar.

Jika halaman Whois Search Results tidak menampilkan hasil nama domain, berarti nama domain belum terdaftar atau pencarian Whois di InterNIC tidak dapat mengambil informasi untuk domain tingkat atas tersebut. Halaman Whois di InterNIC mencantumkan dengan jelas domain tingkat atas yang diketahui. Untuk mencari informasi registrar domain tentang domain tingkat atas, misalnya akhiran domain .us atau domain tingkat atas dengan kode negara lainnya, buka Uwhois.com di http://www.uwhois.com.

Layanan hosting DNS

Layanan hosting DNS adalah perusahaan yang memiliki server DNS berisi data DNS untuk domain. Beberapa registrar domain menyediakan layanan hosting DNS sebagai bagian dari pendaftaran domain; namun registrar domain lainnya tidak menyediakan layanan hosting DNS. Tidak seperti nama domain yang harus didaftarkan ke registrar domain resmi, orang atau perusahaan dengan nama domain terdaftar dan alamat IP publik dapat membuat server DNS publik dan meng-host data DNS untuk banyak domain. Bila data DNS domain di-host oleh layanan hosting DNS, Anda dan semua pengguna Internet dapat menggunakan domain tersebut

Beberapa perusahaan hosting DNS memungkinkan Anda membuat dan mengubah data DNS domain. Perusahaan hosting DNS lainnya tidak memungkinkan Anda mengubah data DNS domain secara langsung. Selain itu, tidak semua layanan hosting DNS mendukung semua jenis data DNS. Misalnya, beberapa layanan hosting DNS tidak mendukung data TXT (Text) atau data SRV (Service).

Perbandingan beberapa layanan hosting DNS

Tabel berikut menjelaskan layanan hosting DNS dari beberapa registrar domain populer dan menyediakan link ke petunjuk tentang cara mengkonfigurasi data DNS Outlook Live di registrar domain tersebut.

Registrar domain
Layanan hosting DNS?
Pemilik dapat mengubah data DNS?
Jenis data DNS yang didukung terkait dengan Outlook Live
Petunjuk rinci

image
imageimage

Mencari layanan hosting DNS untuk domain terdaftar
  1. Buka situs Web InterNIC di http://www.internic.com.
  2. Pada bidang Whois, ketik nama domain Anda, misalnya contoso.com.
  3. Pilih Domain, lalu klik Submit.
  4. Halaman Whois Search Results akan terbuka. Pada hasil nama domain, cari nilai pada bidang Name Server. Server nama yang tercantum merupakan server nama yang sah untuk domain Anda. Misalnya, server nama yang sah untuk domain “fabrikam.com” adalah “ns1.contoso.com” dan “ns2.contoso.com”. Server nama tercantum dalam urutan prioritas.
  5. Salin dan sisipkan nilai pada bidang Name Server pertama ke bidang Search again di bagian atas halaman.
  6. Pilih Nameserver, lalu klik Submit. Pemilik server nama akan ditampilkan pada bidang Registrar.

Untuk mencari informasi layanan hosting DNS domain lainnya, misalnya akhiran domain .us atau domain tingkat atas dengan kode negara lainnya, kunjungi http://www.uwhois.com.

Semoga bermanfaat buat teman-teman yang butuh informasi Nama Domain dan Hosting DNS Open-mouthed smile

One Response to Pendaftaran Nama Domain dan Layanan Hosting DNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Added by on December 9, 2010
Saved under Tutorial
Praktek Kerja Industri Plus

WORKSHOP MIKROTIK DI SMK N 1 SIMPANG ULIM-ACEH

Webmedia say Hello to Aceh !! ^_^ Selama ini SMK Negeri 1 Simpang Ulim Aceh sering mengirim beberapa siswa-siswa mereka untuk prakerin ke Webmedia Training Center. Mereka belajar, diberikan pelatihan, Workshop-workshop dan banyak pengalaman yang mereka dapat baik itu dari praktik-praktik di Webmedia ataupun project di luar Webmedia. Tapi kali ini Webmedia berkesempatan main ke […]