Metode Belajar E-Learning Program Profesi 1 Tahun

Metode pendidikan telah mengalami perubahan yang signifikan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Metode pendidikan lama atau konvensional menjadi kurang efektif karena terbentur masalah ruang dan waktu. Atas pertimbangan tersebut maka muncul metode e-learning sebagai salah satu solusinya. Apa sebenarnya e-learning itu? dan bagaimana penerapannya dalam dunia pendidikan?.

Secara definisi E-learning adalah semua yang mencakup pemanfaatan komputer dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran, termasuk di dalamnya penggunaan mobile technologies seperti PDA dan MP3 players. Juga penggunaan teaching materials berbasis web dan hypermedia, multimedia CD-ROM atau web sites, forum diskusi, perangkat lunak kolaboratif, e-mail, blogs, wikis, computer aided assessment, animasi pendidikan, simulasi, permainan, perangkat lunak manajemen pembelajaran, electronic voting systems, dan lain-lain. Juga dapat berupa kombinasi dari penggunaan media yang berbeda [Thomas Toth, 2003; Athabasca University, Wikipedia].

Jadi dapat disimpulkan bahwa E-learning adalah sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Secara umum teknologi informasi memiliki porsi peranan yang sangat besar. Konsep pembelajaran inilah yang menjadi pilihan utama dalam pembelajaran setiap program pelatihan di Webmedia, tidak terkecuali pada Program Pendidikan Profesi 1 Tahun.

Penerapan E-learning pada Program Pendidikan Profesi 1 Tahun antara lain:

  1. Penggunaan slideshow sebagai bahan ajar dan presentasi setiap materi yang diajarkan. Hal ini dapat membuat penyampaian materi lebih efektif dan dapat diterima dengan baik oleh peserta didik.
  2. Penggunaan portal belajar sebagai media pembelajaran online yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja.
  3. Pengaksesan Sistem Informasi Akademik (Cek Materi, Jadwal Kelas, Nilai, dsb) berbasis Online akan memudahkan peserta didik mendapat informasi tentang hasil belajar dengan cepat dan akurat.
  4. dan beragam fasilitas lainnya

Dengan penggunaan teknologi ini, diharapkan siswa akan dapat mendalami dan mengulang materi yang telah diberikan oleh para pengajar, selain itu materi belajar dapat diakses kapan saja dan dimana saja sehingga didapatkan hasil belajar yang lebih memuaskan.

Mari kita dukung peningkatan jumlah lulusan IT yang lebih kompeten sehingga menghasilkan profesional muda yang berkualitas, siap kerja dan dapat bersaing di dunia Internasional.

Maju terus pendidikan di Indonesia

Salam Webmedia.

Artikel terkait:

Program Pendidikan Profesi 1 Tahun IT Support & Networking

Program Pendidikan Profesi 1 Tahun Webmaster Profesional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Added by on January 20, 2010
Saved under Tutorial
Tags: , ,
Praktek Kerja Industri Plus

WORKSHOP MIKROTIK DI SMK N 1 SIMPANG ULIM-ACEH

Webmedia say Hello to Aceh !! ^_^ Selama ini SMK Negeri 1 Simpang Ulim Aceh sering mengirim beberapa siswa-siswa mereka untuk prakerin ke Webmedia Training Center. Mereka belajar, diberikan pelatihan, Workshop-workshop dan banyak pengalaman yang mereka dapat baik itu dari praktik-praktik di Webmedia ataupun project di luar Webmedia. Tapi kali ini Webmedia berkesempatan main ke […]