Menikmati sukses bisnis online

Bagi kalangan industri pertambangan, nama Rob McEwen, bukanlah nama asing. CEO Goldcorp Inc yang berkedudukan di Kanada ini, berhasil menjadikan perusahaan pertambangan emas kecil asal Toronto yang dipimpinnya itu sukses besar.

Cerita sukses itu dimulai McEwen dengan membuat Tantangan Goldcorp di internet dengan hadiah $575.000 bagi partisipan yang berhasil memberikan metode dan estimasi terbaik. Dari tantangan ini, berlomba sekitar 1000 orang dari berbagai keahlian yang berasal dari 50 negara, memberikan ide -ide menarik. (Wikinomics, Don Tapscott).

Sederet kisah sukses seperti diraih McEwen, juga banyak terjadi di negeri ini yang dicatat oleh para pebisnis online yang menjadi broker untuk hotel dan villa di lokasi-lokasi wisata di tanah air. Pebisnis online ini cukup sederhana melakukan aksinya, mendatangkan pengunjung yang lebih banyak ke hotel maupun villa. Dari setiap transaksi pengunjung, mereka mendapatkan fee yang membuat mereka mendapat keuntungan sangat besar.

Kisah sukses para freelance online yang mendapat penghasilan ribuan dollar setiap bulan juga banyak kita temukan di Indonesia, dengan memanfaatkan situs web yang sudah terjaga komitmennya menawarkan keahlian yang dimiliki seperti programmer, desainer, analyst system dan berbagai keahlian lainnya.

Semua kisah sukses tersebut, tidak terlepas dari arus perubahan orang dalam mendapatkan informasi. Jika dulunya banyak orang menggunakan media offline seperti koran, majalah, radio, brosur dan lainnya, maka saat ini ada media alternatif yang memiliki lebih banyak keunggulan, yakni media internet.

Kini, bagi siapa saja yang mengunjungi internet, apapun barang yang dicarinya akan dengan mudah dan cepatnya mendapatkan apa yang diinginkan, A to Z. Tinggal mengklik keyword barang yang diinginkan, beberapa ribuan halaman kata-kata mengenai barang yang dicari akan muncul. Misalnya, katering, handphone, toko bunga, toko sepatu, baju sekolah, mobil bekas, dll.

Saya dan Anda sekalian, bisa meraih kesuksesan tersebut dengan memanfaatkan media internet. Seorang pengusaha software house misalnya, bisa ketiban banyak project software dengan hanya sering mengupdate webnya. Karena ternyata setiap kali orang mencari software house, webnya selalu berada di halaman pertama mesin pencari.

Hanya saja memang fenomena kejatuhan bisnis dotcom di tahun 2000 membawa pelajaran penting. Saat itu banyak perusahaan berlomba membuat ide bisnis baru, saling berlomba dan bersaing dengan ide-ide yang dianggap spektakuler. Ratusan juta hingga miliaran rupiah diinvestasikan untuk merealisasikan mimpi-mimpi indah para CEO perusahaan maya.

Pada realitasnya, mimpi yang diharapkan menjadi sebuah mesin uang kandas karena tidak diimbangi kondisi realitasnya. Makin hari makin dalam dengan kerugian, hingga hanya dalam hitungan bulan usaha mayanya ambruk. Tentu saja fenomena ini menjadi pelajaran penting bagi para pemimpi usaha maya ini.

Namun tetap saja para pemimpi baru muncul hingga hari ini yang secara kuat ingin menjadi salah satu pemenang. Dan memang terbukti banyak juga yang berhasil dari bisnis dunia maya ini hingga hari ini.

Microsoft, Amazon, Google, Yahoo dan Ebay misalnya, adalah perusahaan raksasa yang telah menciptakan banyak peluang bisnis di Internet. Apapun ide atau terobosan yang mereka buat, akan menciptakan ribuan kesempatan bisnis bagi pemimpi usaha maya. Misalnya Google mengeluarkan aplikasi peta onlinenya, dimana begitu banyak pengikut bisnis yang mencicipi aplikasi ini dengan mendapatkan keuntungan.

Bagi siapa saja yang ingin mencoba di bisnis maya ini, tips paling mudah dilakukan adalah ikuti saja bisnis yang ditawarkan kelima perusahaan besar itu. Pilih salah satu yang anda suka dari model-model bisnis yang mereka tawarkan, pelajari, miliki hasrat yang besar untuk berhasil, lakukan bisnisnya, nikmati prosesnya dan dapatkan hasilnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda tidak perlu bersusah payah membangun ide bisnis dan mengimplementasikannya dengan investasi yang besar. Anda cukup menjadi bagian dari bisnis para raksasa bisnis online itu dan nikmati hasilnya. Selamat memulai bisnis online!!!

sumber: Sumatera Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Added by on September 13, 2009
Saved under Tutorial
Tags: , ,
Praktek Kerja Industri Plus

WORKSHOP MIKROTIK DI SMK N 1 SIMPANG ULIM-ACEH

Webmedia say Hello to Aceh !! ^_^ Selama ini SMK Negeri 1 Simpang Ulim Aceh sering mengirim beberapa siswa-siswa mereka untuk prakerin ke Webmedia Training Center. Mereka belajar, diberikan pelatihan, Workshop-workshop dan banyak pengalaman yang mereka dapat baik itu dari praktik-praktik di Webmedia ataupun project di luar Webmedia. Tapi kali ini Webmedia berkesempatan main ke […]