Mengenal PHP

PHP merupakan bahasa program berbasis web yang saat ini banyak digunakan oleh para web programmer untuk menciptakan situs web yang lebih dinamis. PHP diperkenalkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995, pada waktu itu masih dekenal dengan nama FI (Form Interpreted ).  PHP merupakan software gratis yang dirilis dibawah PHP License. Versi terakhir untuk php pada saat saya menulis artikel ini adalah versi 5.2.9.

Pada umumnya php dioperasikan pada webserver, dan dapat digunakan disemua webserver dan semua system operasi. Pengguna php sampai saat ini kurang lebih sekitar 20(dua puluh) juta website dan 1 juta webserver.  Dengan kemampuan php yang dapat berkolaborasi dengan banyak bahasa pemrograman yang lain dan dukungan terhadap banyak database membuat php banyak digunakan oleh para web programmer.

Kemampuan php sendiri tidak hanya digunakan untuk membuat program-program web, melainkan sudah sampai pembuatan program-program aplikasi yang biasa di buat dari bahasa pemrograman desktop. Hal ini dikarenakan kemudahan untuk mengakses program melalui jaringan, program yang dihasilkan tidak membutuhkan spesifikasi computer yang rumit, dan banyak lagi kemudahan yang menyebabkan  php menjadi pilihan untuk membuat program.

Untuk membangun website, php dengan dukungan ajax, dapat membuat sebuah website lebih hidup dan lebih dinamis, kalau istilah sekarang itu namanya web 2.0. Web 2.0 ini merupakan istilah untuk web yang memiliki interaksi yang tinggi terhadap user, tidak seperti web yang biasa, yang hanya menampilkan informasi 1(satu) arah.

Bagi Anda yang ingin membuat website dengan program php, tetapi Anda sendiri belum pernah dan tidak mengerti tentang php. Jangan takut sebab Anda dapat menggunakan program-program yang siap pakai, seperti Mambo, Joomla, Wordperss, dan masih banyak lagi dan tinggal download secara gratis di Internet.

One Response to Mengenal PHP

  1. bagus ni baru tau tu !!! klo mo belajar tu di web media berapa lama n berap fee nya ya?

    musdar June 19, 2009 at 7:30 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Added by on April 11, 2009
Saved under Tutorial
Tags: , ,
Praktek Kerja Industri Plus

Ikuti Prakerin 2013 Webmedia

Apakah kamu: – Susah cari tempat magang/prakerin? – Prakerin koq cuma disuruh fotocopy? – 3 bulan Prakerin cuma banyak nongkrong… – Prakerin tapi gak dapat pengalaman – Prakerin…malah tambah bingung di IT… Ikuti Program Prakerin 2013 yang digelar Webmedia tahun ini. Sebuah program praktek kerja industri di perusahaan induk Webmedia yakni PT. Webmedia Internusa Tata [...]