Bekerjasama dengan Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara

Tahun 2014 Dinas Kominfo Sumatera ingin meredesign website mereka. Sebagai salah satu mitra di lingkungan pemerintahan, Webmedia dipercaya untuk meredesign ulang sekaligus mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan mengelolanya lebih berkompeten lagi. SDM merupakan faktor kunci untuk membuat keberhasilan implementasi teknologi dan aplikasi di sebuah perusahaan ataupun instansi. Di tahap ini kita perlu melakukan pemetaan terhadap peminatan dan kompetensi SDM yang ada.

Dalam membangun Website, terdapat banyak langkah-langkah dalam memudahkannya. Mulai dari mendapatkan informasi awal, membuatnya dalam bentuk website dan akhirnya proses perawatan (maintenance) yang bertujuan agar websitenya tetap update.

Ada 6 tahap langkah yang biasa kita kerjakan yakni mengumpulkan informasi (information gathering), perencanaan (planning) , Desain (design) , Pembangunan (Development) , Ujicoba (Tetsing & Delivery) dan Perawatan website (maintenance). Ke enam tahap ini menjadi suatu arahan dalam mengerjakan pekerjaan ini. Semakin baik proses demi proses dilalui maka hasilnya juga akan lebih baik.

Information Gathering
Pada tahap ini dilakukan diskusi dengan pimpinan dan seluruh bagian Kominfo bertujuan menggali berbagai data dan informasi yang akan ditampilkan di website. Data yang ditampilkan adalah berhubungan dengan kebutuhan publik/masyarakat dengan tujuan melayani masyarakat.

Tahap ini adalah tahap terpenting dalam pembangunan, semakin kita memahami mitra, bisnisnya, proses bisnisnya dan segala hal yang berhubungan dengan tujuan web yang akan kita bangun, akan semakin mudah kita mendapatkan keberhasilan. Website yang dibangun akan membantu mitra untuk mencapai tujuannya.

Setelah beberapa kali diskusi

Information Gathering

Information Gathering dari unsur Pimpinan Diskominfo

Selanjutnya langkah-langkah lainnya dilakukan dan termasuk pelatihan kepada staf, administrator website sehingga dapat mengelola website secara mandiri. Untuk tujuan yang lebih besar lagi karena Diskominfo sebagai koordinator dinas-dinas lain dalam mengelola sumber daya informasi dan disepakati beberapa pelatihan IT yaitu:

Pelatihan MTCNA tgl. 22 s.d 25 Januari 2014
Pelatihan ini menyangkut instalasi dan konfiguras router berbasis mikrotik, dan juga sertifikasi Internasional, sehingga SDM dapat diakui kompetensinya.
Pelatihan Mikrotik
Pak Dedi Irawan, lulus dan memiliki sertifikat MTCNA Internasional
Pelatihan Linux Fundamental & Linux Server tgl. 17 s.d 28 Februari 2014
Sesi ini adalah pelatihan pengelolaan sistem operasi Linux untuk pengelolaan server dan sekaligus keamanannya. Ini pelatihan paling penting, karena SDM akan terlibat secara aktif mengelola domain dan hosting untuk Dinas-Dinas di provinsi Sumatera Utara.

 

Pelatihan Linux Kominfo Sumut

Pelatihan Linux Kominfo Sumut

 

Pelatihan CCNA 1 & 2 tgl. 10 Februari s.d 21 April 2014
Pelatihan ini untuk meletakkan dasar-dasar yang kuat  bagi peserta. Para peserta akan memahami cara bekerja di lingkungan Networking, mengelola dan perawatannya.

 

 

 

Hasil akhir dari web Dinas Kominfo SUMUT setelah redesign dan juga memperbaiki struktur informasi adalah sebagai berikut:

 

Sebagai catatan kini staf IT DisKominfo Sumut selalu mengupdate data dan informasi Websitenya dan juga sudah mampu mengelola sumber daya IT di lingkungan Kominfo Sumut. Semoga kerjasama ini dapat berlanjut di masa-masa mendatang.

 

Added by on August 19, 2014
Saved under Berita
Praktek Kerja Industri Plus

WORKSHOP MIKROTIK DI SMK N 1 SIMPANG ULIM-ACEH

Webmedia say Hello to Aceh !! ^_^ Selama ini SMK Negeri 1 Simpang Ulim Aceh sering mengirim beberapa siswa-siswa mereka untuk prakerin ke Webmedia Training Center. Mereka belajar, diberikan pelatihan, Workshop-workshop dan banyak pengalaman yang mereka dapat baik itu dari praktik-praktik di Webmedia ataupun project di luar Webmedia. Tapi kali ini Webmedia berkesempatan main ke […]